Cara Belajar Yang Efektif dan Efesien - Menurut Para Ahli

 

    Otak kita berpotensi untuk menghafalkan informasi sebesar tiga puluh juta jam memutar video Youtube. Namun agar potensi otak dapat digunakan secara efektif, ada beberapa tips belajar yang benar yang harus diterapkan. Seperti hal-hal berikut ini dapat kamu coba untuk meningkatkan kemampuan belajarmu. Cara belajar efektif ini sudah dibuktikan berdasarkan pada penelitian-penelitian ilmiah oleh para ahli. Silahkan di simak sebagai berikut :

1. Pengulangan Berkala

    Untuk memaksimalkan belajarmu, belajar sebentar namun sering. Neurosaintis membuktikan bahwa sinapsis (titik temu antara terminal salah satu neuron dengan neuron lain) yang membuatmu mengingat dan memahami banyak hal . Ini berarti bahwa akan lebih produktif untuk belajar secara teratur dengan beristirahat dengan tidur diantaranya. Coba kamu buktikan sendiri, berlatihlah belajar lima belas menit setiap hari dalam seminggu. Cara belajar seperti itu akan menunjukkan kemajuan yang signifikan.

2. Temukan Gaya Belajarmu sendiri

    Setiap orang mempunyai cara belajar efektif yang berbeda dengan yang lainnya. Ada yang cepat menangkap pelajaran dengan menonton tutorial video, ada juga yang belajar bersama-sama dengan teman, ataupun belajar sendiri dalam lingkungan yang sepi.

3. Fokus

    Jika kamu orang yang suka menunda-nunda ketika akan belajar seperti contohnya browsing melalui handphone, kamu harus rela untuk mematikan ataupun men-silent semua perangkat elektronik apapun yang dapat mengganggu waktu belajarmu. Kamu juga dapat pergi ke perpustakaan untuk belajar karena suasananya yang kondusif dan cenderung lebih sunyi.

4. Belajar dengan Praktik

    Belajar sambil praktek adalah hal yang sangat efektif. Yah, Cara belajar ini juga akan membuat Anda tak merasa bosan. Misalnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan itu kita bisa membuat sebuah acara belajar menjadi lebih asyik.

5. Mengerti Bukan Menghafal

    Hal yg paling sering dilakukan oleh siswa atapun mahasiswa ketika ingin menghadapi ujian adalah menghafal. Sebenarnya tidak salah cuman kurang efektif. Untuk lebih efektifnya adalah mengerti teorinya maka dengan sendiri akan kita ingat ketika ujian. Kalau Anda masih dalam metode belajar dengan menghafal, sangat disarankan untuk pindah ke metode mengerti materi.

6. Belajar dengan Menyenangkan Namun Serius

    Sebuah studi sains modern mengatakan bahwa belajar dengan menyenangkan/fun akan mempercepat kamu memahami dan mengingat suatu hal. Oleh sebab itu, Energi positif sangat penting dalam proses belajarmu.

7. 30% Membaca, 70% Mengulangnya

    Jika kamu memiliki waktu 1 jam untuk mempersiapkan presentasi/pidato. Gunakan 20 menit untuk membaca dan mempelajarinya. Kemudian gunakan 40 menit untuk mempraktekkannya. Jadi, gunakaan 2/3 waktumu untuk mengulang dan mempraktekannya. Sedangkan 1/3 dari waktu untuk memahami materinya.

8. Lakukan Tes Diri

    Tepat setelah kamu belajar, usahakan lakukan tes untuk dirimu sendiri secara cepat atas materi yang sudah kamu pelajari. Bukan tes yang susah dan lama, hanya instant test yang mewakili materi pelajaranmu.

Komentar